Bagaimana Jika Usaha Terbaik Anda Tidak Cukup?

Bagaimana jika usaha terbaik yang Anda berikan dengan sekuat tenaga dan seluruh kemampuan Anda saja tidak cukup untuk memberikan diri Anda hasil yang Anda inginkan?

Hal itulah yang pernah saya tanyakan kepada diri saya sendiri beberapa tahun lalu di saat saya baru memulai mendirikan usaha saya

Pada waktu itu, baru sekitar 2 tahun saya memulai usaha saya. Saya merasa sudah mengerahkan seluruh kemampuan dan tenaga yang saya miliki, tapi kok, saya belum berhasil mencapai hal yang saya inginkan ya?

Kemudian saya pun bertanya kepada diri saya sendiri:

“Apa usaha terbaik yang saya berikan sudah cukup? Apa usaha terbaik yang saya berikan hanya segini saja? Apakah usaha terbaik yang saya berikan dapat menjadi lebih baik?”

Lalu, pertanyaan baru pun muncul di dalam diri saya:

“Mana yang lebih baik, menjadi yang terbaik atau menjadi lebih baik?”

Saya sempat memikirkan pertanyaan tersebut untuk beberapa waktu, sampai akhirnya saya pun menemukan jawabannya…

Menjadi “LEBIH BAIK” lebih baik daripada menjadi yang “TERBAIK”

Menjadi yang “terbaik” memberi kesan ‘final’, alias tidak bisa dibuat lebih baik lagi. Sedangkan menjadi “lebih baik” memberi kesan ‘growth’ (pertumbuhan), alias selalu dapat dibuat menjadi lebih baik lagi, tanpa batas akhir untuk pertumbuhan hal tersebut (kaizen)

Hal inilah yang membuat orang-orang yang mempunyai prinsip “Growth Mindset” akan selalu menjadi lebih baik dibandingkan yang memiliki “Fixed Mindset”

 

Jika kita mau menyadari, diri kita (manusia) sendiri adalah makhluk yang selalu ingin berkembang untuk membuat dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya menjadi lebih baik. Manusia mempunyai potensi tanpa batas untuk dapat mempelajari dan menjadi apa saja hal yang mereka inginkan. Kita, sebagai manusia, dapat selalu membuat diri kita menjadi LEBIH BAIK daripada diri kita yang sebelumnya

Jadi, jika Anda pernah mengalami hal sama seperti yang saya rasakan di atas, jika Anda pernah bertanya kepada diri Anda sendiri “Apakah usaha terbaik yang saya berikan ini sudah cukup?”, ingatlah bahwa jawaban dari pertanyaan Anda adalah “TIDAK, saya bisa LEBIH BAIK lagi!”

Caranya? BELAJAR. You need to KNOW better to BE better

Ada banyak hal-hal penting di dalam hidup kita yang tidak pernah diajari di sekolah. Teruslah mempelajari hal baru yang menurut Anda penting untuk hidup Anda. Teruslah mengembangkan diri Anda untuk selalu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Teruslah belajar, karena tidak ada batasan untuk mengembangkan diri Anda

KNOW better, DO better, BE better

 

Praktikan dan beritahu saya hasilnya

~Yanuar D Liwang

Leave a Reply